Cara Melakukan Service Tenis Meja Yang Benar Menurut ITTF

Service dalam olahraga tenis meja merupakan hal yang sangat penting. Tenis meja merupakan salah satu permainan bola yang dalam permainannya menggunakan pukulan service. Apa itu pukulan service? Pukulan servive adalah pukulan yang dilakukan untuk memberikan umpan kea rah lawan. Bagaimana cara melakukan service dalam permainan tenis meja yang benar beserta macamnya? Mungkin anda perlu mengetahuinya sekedar untuk menambah wawasan.
Berikut adalah beberapa langkah melakukan service dalam permainan tenis meja:
1. Service dimulai dengan bola diam berada di atas permukaan telapak tangan yang terbuka dari tangan bebas pelaku service.
2. Pemain yang memberi pukulan service harus melambungkan bola secara vertikal ke atas, tanpa putaran untuk melambungkan bola minimal 16 cm dari permukaan telapak tangan bebas. Dilanjutkan dengan tangan turun tanpa menyentuh apapun sebelum dipukul.
3. Saat bola turun, server harus memukulnya sampai menyentuh mejanya terlebih dahulu dan setelah melewati net kemudian menyentuh meja lawan
4. Bola harus berada di atas perpanjangan permukaan meja permainan pelaku servis dari mulai servis hingga bola dipukul.
5. Bola tidak boleh dihalangi dari pandangan penerima oleh pelaku servis atau pasangan gandanya atau apa saja yang mereka bawa atau pakai.
6. Setelah bola dilambungkan, tarik lengan dan tangan bebas dari ruang antara bola dan net.

Macam-Macam Service
1. Teknik Servis Forehand Topspin
Untuk melakukan forehand topspin pemaian berdiri dengan sikap persiapan di meja bagian kanan dan menghadap sektor kiri meja lawan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dan ada sebelah kanan badan dengan siku ditekuk sebesar sembilan puluh derajat. Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. Lambungkan bola setinggi 16 cm, lalu pukul dengan bet dengan pantulan yang tidak melebihi net.

2. Teknik Servis Backhand Topspin
Untuk melakukan backhand topspin pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri.
Gunakan telapak tangan kiri untuk memegang bola. Bola dilambungkan setinggi 16 cm, pukul dengan bet dengan ketinggian yang normal sehingga pantulan bola di meja lawan tidak begitu tinggi

3. Teknik Servis Backhand Backspin
Posisi pemain berdiri di tengah meja dengan sikap persiapan. Gunakan tangan kanan untuk memegang bet dengan mendekatkanya ke pinggang sebelah kiri. Sementara telapak tangan kiri memegang bola. Lalu lambungkan bola setinggi 16 cm kemudian pukul dengan bet, usahakan tidak terlalu tinggi agar bola tidak melambung tinggi saat memantul di daerah lawan.

Video Service Training Cara Melakukan Service Tenis Meja yang Benar Menurut ITTF yang saya ambil dari Youtube

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”g2THkx0fd4c”][/youtube]

Demikian cara melakukan service dalam permainan tenis meja yang benar beserta macamnya. Beberapa langkah yang ada di atas dapat diikuti untuk melatih kemampuan service Anda dalam bermain tenis.Semoga bermanfaat, baca juga artikel sebelumnya “Tenis meja bisa mencegah alzheimer” dan “Spesifikasi Blade/Kayu Donic Baum Titanium“.

Source Tags: , , , , , , , , , , , , , , .

Terimakasih telah berkunjung ke infotenismeja.com jangan sungkan untuk kembali.

Cara Melakukan Service Tenis Meja Yang Benar Menurut ITTF | tenismeja | 4.5

Leave a Reply