Cara Merawat Karet Pingpong Agar Bertahan Lebih Lama

Cara Merawat Karet Pingpong Agar Bertahan lebih Lamainfotenismeja.com – Cara merawat karet bet tenis meja. Karet pingpong pada bet tenis meja terdiri dari dua jenis yaitu karet alami dan sintetis (buatan). Kedua jenis karet tenis meja tersebut dibuat atau dibentuk melalui serangkaian proses, baik fisik maupun kimia. Proses kimia diantaranya adalah pewarnaan, pemanasan, pemompaan suatu gas, dan penambahan filler atau pengisi untuk penguat karet sehingga memiliki kemampuan pakai atau fungsi tertentu.
Disebabkan efek dari proses tersebut maka akan terdapat beberapa kondisi yang dapat merubah atau menurunkan sifat karet bet tenis meja, dengan kata lain menurunkan kualitasnya. Kondisi tersebut diantaranya kelembaban, suhu, atau cairan tertentu. Bahkan jika dibiarkan begitu saja akan mengakibatkan karet Pingpong menjadi cepat rusak, misalnya karet menjadi keras, atau kehilangan daya spin-nya.

Cara Merawat Karet Pingpong
Ada beberapa tehnik yang dapat dilakukan untuk merawat karet bet tenis meja agar tetap awet atau tahan lama. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dalam hal menyimpan bet tenis meja kita, hindari kondisi yang lembab karena dapat mengoksidasi karet pingpong milik anda, bahkan bisa merubah bentuk permukaan karet. Anda bisa menyimpannya di tempat yang kering.

  • Hindari sinar matahari secara langsung pada bet tenis meja dalam waktu yang lama karena dapat merusak unsur-unsur atau merubah dari sifat karet tenis meja anda.

  • Hindarkan karet dari noda-noda seperti minyak dan debu yang menempel di karet tenis meja anda. Noda-noda tersebut dapat menurunkan atau “mematikan” sifat spin pada karet sehingga jurus bola spin tidak begitu ampuh.

  • Setiap selesai bermain tenis meja, usapkan bet tenis meja yang kita punyai ke bagian tubuh kita yang berkeringat hingga noda-noda pada bet hilang. Kemudian keringkan pada suhu ruangan yang kering.

  • Menggunakan pembersih karet tenis meja yang dijual dipasaran juga sangat disarankan untuk membuat bet tenis meja kita bisa bertahan lebih lama.

Itulah cara Cara Merawat Karet Pingpong yang dapat dilakukan dengan praktis. Mudah bukan ? Sebagai catatan, meski cara-cara di atas tetap dilakukan dengan disiplin tapi tetap saja dalam waktu tertentu atau beberapa tahun kemudian, semua jenis karet bet tenis meja (baik alami maupun sintetis) tetap akan mengalami penurunan kualitas dan akhirnya keras (rusak).

Dengan melakukan cara-cara di atas maka bisa lebih awet dibandingkan tidak melakukannya, perbedaan waktunya relatif lebih lama bahkan bisa tahunan juga.

Incoming search terms:

Source Tags: , , , .

Terimakasih telah berkunjung ke infotenismeja.com jangan sungkan untuk kembali.

Cara Merawat Karet Pingpong Agar Bertahan Lebih Lama | tenismeja | 4.5

Leave a Reply