Tenis Meja

tenis meja adalahApakah tenis meja itu ?
Apa yang dimaksud dengan tenis meja? Bagi yang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan tenis meja atau belum mengenalnya sama sekali, saya akan jelaskan apa itu tenis meja ? Tenis meja adalah Ping pong ,pingpong itulah nama permainan tenis meja yang lebih di kenal dalam masyarakat. Istilah kata ping pong merupakan nama resmi dari tenis meja untuk Republik Rakyat Cina, namun di Indonesia juga tidak asing lagi dengan istilah ping pong. Permainan ping pong sama dengan permainan badminton yaitu menggunakan raket, namun raket bola ping pong terbuat dari papan dan dilapisi dengan karet atau sering disebut bat (baca bet). Sejarah tenis meja masuk ke asia melalui Republik Rakyat Cina, Jepang dan Korea. Negara-negara tersebut merupakan pelopor perkembangan tenis meja di Asia. Sedangkan sejarah tenis meja di Indonesia baru dikenal pada tahun 1930. Pada masa itu hanya dilakukan di balai-balai pertemuan orang-orang Belanda sebagi suatu permainan rekreasi. Pada tahun 1939 sebelum perang dunia ke II para tokoh petinis meja indonesia mendirikan PPPSI (Persatuan Ping Pong Seluruh Indonesia). Dan sejak itu, Perkembangan tenis meja di Indonesia hingga sekarang bisa dikatakan cukup pesat.
Jika ingin memainkannya memerlukan alat-alat sebagai berikut :
Peralatan Permainan
1. Raket/bet
Raket terbuat dari lapisan kayu tipis yang pada permukaannya dilapisi karet khusus. Ukuran panjangnya adalah 6.5 inchi (16.5 cm) dan lebar 6 inchi (15 cm). Lapisan tipis ini bisa di tambahkan lapisan fiber glas, karbon atau bahan lain sehingga bat menjadi ringan dan tahan getar.
2. Bola
Bola tenis meja berdiameter 40 mm berat 2,7 gram. Biasanya berwarana putih atau orange dan terbuat dari bahan selluloid yang ringan. Pantulan bola yang baik apabila djatuhkan dari ketinggian 30,5 cm akan menghasilkan ketinggian pantulan pertama antara 24-26 cm.
3. Meja lapangan
Lapangan tenis dibagi dua oleh sebuah jaring yang di tengah-tengahnya tingginya persis 91.4 cm dan di pinggirnya 107 cm. Setiap paruh lapangan permainan dibagi menjadi tiga segi: sebuah segi belakang dan dua segi depan (untuk service).Teknik dasar tenis meja
1. Push

Push adalah pukulan backspin pasif yang biasanya digunakan untuk menghadapi servis backspin atau serangan yang tidak menyenangkan baik untuk alasan taktik maupun push merupakan cara yang lebih konsisten untuk mengembalikan bola yang dipukul dengan tehnik backspin.

2. Drive

Pukulan forehand drive biasanya merupakan pukulan yang paling kuat,karena tubuh kita menghalangi saat melakukan pukulan,tidak seperti backhand.Selain itu otot yang digunakan biasany lebih maksimal daripada pukulan backhand.

3. Chop

Kebanyakan pemain menggunakan chop (choper) mundur sekitar 2-5 meter dari lapangan permainan,dengan mengembalikan bola rendah menggunakan backspin.

4. Topspin

Apabila pemain memukul bola yang menyebabkan setengah bagian bola berputar menjauh dari pemain maka pemain tersebut sudah menggunakan topspin.Top spin dilakukan dengan memukul bagian belakang bola dengan pukulan mengarah keatas.

5. Lob

Loobing merupakan pukulan bertahan secara total yang digunakan untuk menghadapi smash.Lob yang baik pada dasarnya adalah lob yang tinggi dapat setinggi 2-4 meter atau lebih diudara.

6.Gerakan langkah Kaki (Footwork)

Footwork dalam permainan tenis meja secara umum dibedakan untuk nomer tunggal dan omor ganda.Footwork yang digunakan dalam permainan tunggal sudah otomatis digunakan dalam permainan ganda .Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork untuk tunggal dapat dibedakan satu langkah,dua langkah dan tiga langkah atau arah pergerakannya bisa kedepan ,ke belakang, ke samping kiri,ke samping kanan atau diagonal

7 .Pegangan Bet atau Grip

Untuk Pegangan bet dalam permainan tenis meja ada 3 macam yaitu Shakehands grip,Penholder grip dan Seemiller Grip.

8. Sikap dasar

Dalam prmainan tenis meja sikap dasar ada 3 macam yaitu square stance,side stance dan Open stance.Dibawah ini adalah penjelsannya :

a.) Square Stance

Square Stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja biasanya posisi ini digunakan dalam menerima servis dari lawan atau posisi siap kembali setelah menenrima pukulan dari lawan.

b.) Side Stance

Side Stance adalah posisi badan menyamping baik kesamping kanan maupun kesamping kiri.Pada side stance jarak antara bahu ke meja atau ke net harus ada yang ebih dekat.

c.) Open Stance

Open Stance adalah modifikasi dari side stance.Stance ini hanya digunakan untuk backhand block,kaki kiri agak tebuka keluar dan agak ke depan (untuk pemain tangan kanan)

9. Servis

Dalam permainan tenis meja servis dibagi menjadi 2 bagian yaitu servis backhand dan servis forehand.

Demikianlah Beberapa macam tehnik dasar dalam permainan tenis meja.Dengan menguasai tehnik dasar diatas dengan benar maka otomatis permainan anda akan jauh lebih meningkat.Tehnik dasar merupakan pondasi untuk membentuk seorang pemain.Semoga dengan artikel diatas dapat menambah wawasan anda. Terima kasih

Incoming search terms:

Source Tags: , , , .

Terimakasih telah berkunjung ke infotenismeja.com jangan sungkan untuk kembali.

Tenis Meja | tenismeja | 4.5

Leave a Reply